Jumat, 30 November 2012

IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING

Cloud Computing merupakan perkembangan teknologi yang menggabungkan teknologi komputer (komputasi) dan internet berbasis pembangunan, yang kini dapat diakses oleh pengguna melalui internet sehingga pengguna tidak perlu menginstal perangkat lunak pada setiap komputer lokal.
Ada beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, seperti :

1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya.

2. Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat

3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena system pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.

4. Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping.

5. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.

jenis layanan yang disediakan cloud computing memiliki tiga jenis yaitu :

1.Software as a Service (SaaS)Dimana suatu aplikasi software tersedia dan bisa langsung dipakai oleh seorang pengguna. Contohnya : Microsoft security 365 aplikasi online untuk MS Office.

2.Platform as a Service(PaaS)dengan PaaS, kita membangun aplikasi kita sendiri di atas layanan PaaS tersebut. Adapun contoh vendor penyedia layanan Paas adalah Microsoft Azure dan Amazon Web Services.

3.Infrastruktur as a Service(IaaS)layanan IaaS dapat dilihat sebagai proses migrasi server-server kita dari on-premise ke data centermilik penyedia IaaS ini.

Dalam implemntasi cloud computing kita memiliki 3 point utama yaitu :
1. Front-End
2. Back-End
3. Penghubung Front-End dan Back-End

Komputer Front-End biasanya merupakan computer biasa yang digunakan oleh end user, computer Back-End merupakan computer server yang memiliki data center dan biasanya nya memiliki kinerja yang tinggi, penghubung keduanya bisa jaringan internet atau LAN.

Sebenarnya kita tanpa sadar sudah menggunakan cloud computing, google ? yah itu merupakan salah satunya, ada banyak juga yang lain seperti Bing, Yahoo, Aol maupun Altavista selain search engine bisa juga MS Office versi online maupun Layanan e-mail seperti gmail atau yahoo mail yang bisa menggantikan fungsi MS Outlook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar